Tags

, , ,

Bicara tentang kemasan makanan, kerap kali kita membeli makan maka kebersihan dan kenyamanan adalah faktor awal yang kita perhatikan. Pasalnya membeli makan di tempat yang kurang layak akan kebersihannya dapat mempengaruhi banyak hal. Hal tersebut bisa berupa rasa tidak nyaman, makanan tidak higenis, mengurangi nafsu makan, dan masih banyak lagi.

 Hal itu barulah dari sisi kebersihan, lalu bagaimana dari sisi kenyamanan? Tahukah Anda, styrofoam itu adalah salah satu jenis kemasan makanan take away yang berbahaya akan kesehatan tubuh? Kemasan styrofoam berbahaya dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat kemasan tersebut adalah campuran bahan-bahan kimia dan butiran-butiran plastik kecil. Sehingga apabila styrofoam menyentuh makanan, maka makanan tersebut akan terkena bahan kimia.

 Lalu pernahkah Anda terbayang jika styrofoam digunakan untuk makanan yang panas, ataupun makanan yang mengandung minyak ataupun kuah? Jelas sudah makanan tersebut akan tercampur dengan butiran-butiran plastik kecil yang ikut terkelupas apabila terkena cairan panas. Hal seperti ini jika terjadi secara terus – menerus maka tidak akan baik bagi kesehatan tubuh.

 Jadi, kesimpulan yang bisa Anda ambil pada kesempatan kali ini adalah styrfoam tidak bagus untuk kesehatan. Tapi, hal tersebut bisa di atasi dengan menggunakan lapisan seperti plastik yang aman untuk makanan, ataupun kertas food grade. Tetap saja, hanya makanan kering yang cocok untuk menggunakan solusi ini. Tapi, untuk makanan yang berkuah solusi seperti di atas tidaklah dianjurkan.

 Penulis lebih menganjurkan para pembaca untuk menggunakan kemasan Greenpack. Sebuah kemasan makanan yang didesain khusus untuk kebutuhan pasar kemasan makanan.

Advertisements