Tags

, , ,

2044_bukan_memilih_tapi_menentukan

Saya paham, zaman sekarang ini sudah banyak sekali pilihan kemasan untuk produk makanan Anda. Pilihan tersebut mulai dari banyaknya bentuk-bentuk yang unik, desain-desain yang menarik, hingga pilihan bahan yang beraneka ragam. Bahan yang umumnya dipakai oleh pengusaha makanan ataupun kuliner adalah plastik, styrofoam, dan kertas.

Masing-masing bahan memiliki kelemahan dan kelebihan, lihatlah contohnya plastik. Meskipun plastik cocok untuk jenis kemasan basah dan yang berkuah, namun kemasan dari bahan dasar plastik tidaklah ramah lingkungan. Sifat plastik yakni sulit berbaur dengan tanah apabila dibuang sembarangan oleh konsumen. Oleh karena itu, plastik tidak dianjurkan oleh penulis.

Selanjutnya styrofoam, banyak sudah artikel saya yang menjelaskan tentang styrofoam. Styrofoam adalah wadah makanan yang dibuat dengan bahan dasar plastik dan campuran bahan kimia lainnya. Styrofoam banyak digunakan oleh kalangan pengusaha makanan karena harganya yang cukup murah dibandingkan dengan plastik dan kertas. Tapi, styrofoam tidaklah baik untuk kesehatan konsumen.

Styrofoam dibuat dengan campuran bahan kimia, sehingga apabila styrofoam tersebut tercampur dengan produk makanan Anda, maka bahan kimia tersebut akan menempel pada makanan Anda. Untuk makanan basah yang berkuah styrofoam lebih buruk. Dikarenakan bahan dasarnya yang dibuat dari plastik, membuat butiran-butiran plastik yang terdapat dalam styrofoam terkelupas menjadi butira-butiran kecil yang akan tercampur oleh kuah makanan. Dan apabila butiran-butirak plastik kecil tersebut dikonsumsi secara terus menerus oleh konsumen, sudah bisa ditebak apa yang akan terjadi. Jadi styrofoam tidaklah terlalu baik untuk dijadikan pilihan produk makanan Anda.

Kertas, bahan ini mungkin yang paling rentan dari semuanya. Sifatnyanya yang mudah hancur apabila lembab dan terkena air, tidak cocok untuk produk makanan Anda yang menggunakan kuah. Tapi kertas memiliki keuntungan ramah terhadap lingkungan. Sifatnya yang mudah hancur dan berbaur dengan tanah, membuatnya unggul dari ketiga bahan kemasan makanan yang telah kita bahas di atas.

Oke, saya anggap Anda telah mengerti kekurangan dan kelebihan dari 3 bahan dasar kertas ini. Semoga dalam kesempatan kali ini saya dapat membantu banyak hal.

Advertisements