Tags

, , ,

 

Merawat peralatan masak bukan hanya tentang kebersihannya saja, namun juga kualitas dari peralatan masak tersebut. Apalagi kalau peralatan masak kita terbuat dari logam.

Peralatan masak jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun kita perlu menghindarkannya dari masalah pengaratan, hangus dan tergores. Nah, kalau Anda punya peralatan masak berbahan aluminium atau logam lainnya, cek tipsnya berikut ini.

Hindarkan dari perubahan udara yang ekstrim, karena bisa menyebabkan pengaratan. Oleh karena itu, pastikan peralatan masak Anda bersih dan kering. Tempatkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus.

Yang kedua, gunakan peralatan masak setidaknya sebulan sekali. Dengan demikian peralatan masak Anda tidak akan terlantar dan kotor. Adanya kotoran dan lembab bisa menyebabkan karat, penipisan lapisan alat masak hingga berlubang.

Yang ketiga, bila peralatan masak Anda hangus, cenderung akan mengurangi lapisannya. Usahakan tidak memasak sampai hangus. namun, bila hal itu terjadi, segera dibersihkan dengan direndam lebih dahulu. Dengan begitu kerak pada wajan atau panci akan mudah dibersihkan.

Cakaplah dalam membeli peralatan masak. Pilih yang bahannya awet meski harganya tidak terlau mahal. Beberapa jenis panci kuno yang dijual di pasar tradisional biasanya jauh lebih awet dan bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Peralatan masak yang berkualitas akan membuat masakan Anda sempurna. Semoga tips ini bermanfaat.

Baca artikel lainnya tentang : DusMakanan

 

Advertisements