Tags

, , ,

 

Untuk beberapa orang, mempunyai rumah makan ataupun restoran adalah impian yang sangat besar terutama jika orang itu hobi dengan kuliner atau senang pada seluk beluk dunia tata boga. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah berapa kira-kira ongkos untuk membuka restoran itu Besarkah biaya yang harus diinvestasikan Agar mendapat gambaran yang cukup jelas, berikut beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membuat perencanaan anggaran biaya membuka restoran.

Bila tak mau repot melakukan penghitungan secara terperinci, Anda bisa membeli resto yang sudah berdiri sebelumnya. Memang akan ada dana tambahan cukup besar untuk merenovasi sejumlah item namun setidaknya Anda memiliki penghitungan yang jelas. Kondisi ini juga bisa mempermudah proses pencairan dana bila Anda berminat mengajukan kredit kepada bank atau lembaga keuangan lain.

Jika memilih mendirikan restoran dari nol, hal utama yang harus diperhatikan adalah lokasi serta jenis resto. Kedua hal tersebut sangat berperan menentukan biaya yang harus Anda keluarkan. Konsep resto ini kelak juga akan berpengaruh pada peralatan serta perlengkapan yang diperlukan untuk mengelo la resto.

Perlu diperhatikan, selain cita rasa makanan, kenyamanan resto juga menjadi pertimbangan konsumen untuk berkunjung ke sebuah resto. Kenyamanan ini tak hanya berhubungan dengan pelayanan terhadap customer namun juga lingkungan resto yang didukung dengan penampilan interior yang menarik. Bila Anda ingin memerhatikan kepuasan pelanggan, biaya interior layak untuk dimasukkan ke dalam anggaran.

Sebagai tindakan antisipasi, Anda perlu memasukkan ‘biaya tak terduga’ dalam perencanaan anggaran biaya yang antara lain meliputi biaya promosi, pelatihan SDM secara kontinyu dan lain sebagainya.

Promosi yang bisa Anda lakukan di awal adalah dengan cara branding menggunakan dus makanan ataupun tray makanan. Dimana Anda harus mencetak dus makanan agar pelanggan yang menggunakan dus makanan Anda mengetahui restoran Anda. Keuntungan promosi menggunakan metode ini adalah bukan hanya pelanggan Anda saja yang dapat melihat nama restoran Anda yang tertera pada dus tersebut. Tetapi orang disekitarnya pun juga akan dapat melihat brand restoran Anda. Bukankah ini menjadi cara promosi yang berefek viral?

Semoga artikel ini dapat membantu.

Advertisements