Tags

, , ,

Banyaknya minimarket atau supermarket semakin memudahkan semua orang untuk berbelanja, namun sekaligus memudahkan orang menerapkan gaya hidup tidak sehat dengan membeli makanan instan dan bergula seperti minuman soda. Seperti makanan berpengawet dan berpemanis buatan lainnya, soda masuk dalam jajaran makanan buruk untuk kesehatan.

Selain diabetes dan kegemukan, ada empat masalah kesehatan yang bisa muncul saat Anda keseringan minum soda, di antaranya adalah

Tekanan darah tinggi

Bukan hanya yang banyak makan daging kambing saja yang bisa membuat seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Jika Anda kebanyakan minum minuman manis seperti soda juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Ini sudah dibuktikan, dengan menurunkan konsumsi soda, maka tekanan darah juga akan turun.

Penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum satu porsi minuman manis per hari, memiliki 20% kemungkinan lebih tinggi mengalami serangan jantung dibandingkan dengan pria yang tidak minum soda sama sekali. Bahan fruktosa dalam minuman soda bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan kadar lemak darah yang disebut trigliserida, yang mana menjadi penyebab serangan jantung.

Batu ginjal

Minum banyak air akan mencegah dehidrasi. Tapi minum minuman manis soda justru meningkatkan risiko batu ginjal. Ini karena fruktosa yang ada di dalam minuman manis meningkatkan kadar asam urat urin, oksalat, dan kalsium, beberapa senyawa yang dapat berkonsentrasi untuk membentuk batu ginjal.

Jadi, masih mau minum soda setiap hari? Ganti minuman Anda dengan yang lebih sehat ya…

Oh ya ada tambahan untuk Anda dari penulis, sebaiknya Anda tahu ini. Tidak hanya minuman saja yang dapat menimbulkan penyakit. Tetapi kemasan ataupun tray makanan juga dapat membahayakan tubuh Anda. Contoh, kemasan styrofoam. Kemasan yang terbuat dari styrofoam ini sangatlah berbahaya, styrofoam terbuat dari butiran-butiran plastik kecil yang dicampur dengan bahan kimia sehingga apabila makanan Anda bersentuhan dengan styrofoam, saat itu juga makanan Anda terkena dengan campuran bahan kimia. Hal ini sangat berbahaya sekali untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu penulis menganjurkan untuk menggunakan kemasan Greenpack yang sudah terbukti aman apabila bersentuhan dengan makanan.

Advertisements