Tags

, , ,

 

 

Tahukah kamu diperkirakan bahwa 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti bahwa hamper mencapai 1 juta kantong plastik per menit. Bayangkan betapa banyak sampah yang kita hasilkan dan tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita.

Apakah kita sadar, sudah berapa banyak kantong plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang nyata sangat mencemari lingkungan. Dari pada menunggu lebih baik kita mulai dari diri kita sendiri dahulu.

Berikut ini akan diuraikan cara-cara mengurangi hal demikian. Semoga bermanfaat untuk diri kita sendiri, orang lain, anak cucu kita kelak bahkan untuk bumi yang kita tempati ini. Antara lain sebagai berikut :

  • Membawa sendiri tas plastik dari rumah dalam jumlah besar atau seperlunya dan memadai bila merencanakan untuk berbelanja. Atau kamu dapat sediakan tas khusus belanja sehingga tidak perlu lagi menggunakan tas plastik dari toko atau supermarket. Kalaupun harus menggunakan tas plastik, simpanlah plastic bag tersebut dengan rapi agar bisa digunakan lain waktu. Hal ini dapat dapat mengurangi jumlah konsumsi sampah plastik.
  • Memanfaatkan ulang botol/wadah platik untuk pot tumbuhan atau bentuk pekerjaan tangan yang lain.
  • Tidak menggunakan tray makanan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa atau membungkus nasi atau makanan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.
  • Tidak membuang sampah (terutama sampah plastik) di sembarang tempat, melainkan membuangnya ditempat yang telah disediakan bagi sampah plastik. Sekarang sudah muncul beberapa tempat sampah khusus plastik Buanglah pada tempat sampah ini. Karena sampah plastik ini nantinya dapat di daur ulang.
Advertisements