Tags

, , ,

 

 

Plastik merupakan salah satu bahan kimia yang paling sering kita temui. Bukan hanya di luar rumah, namun juga di dalam rumah segala macam benda terbuat dari plastik. Mulai dari barang-barang yang digunakan untuk beraktifitas sehari-hari seperti duduk, mencuci atau menjemur sekalipun kita menggunakan barang berbahan plastik.

Kemudian barang yang kita gunakan saat bermain dengan anak pun dibuat dengan menggunakan plastik. Memang tak ada yang salah jika kita menggunakan plastik, yang menjadi masalah adalah saat kita tak bisa memilih bahan plastik mana yang bisa kita gunakan dan mana yang tak bisa kita gunakan.

Ada beberapa jenis atau tipe plastik yang disusun berdasarkan bahan penyusunnya. Jenis-jenis plastik ditandai dengan menggunakan bentuk panah yang membentuk segitiga dengan nomor di tengahnya.

Plastik dengan kode satu adalah plastik PET atau ETE (Poleitilen Tereftalat). Plastik jenis ini biasa digunakan untuk wadah minuman, kecap, sambal botolan, minyak goreng dan bahkan kosmetik. Plastik jenis ini hanya plastik sekali pakai.

Plastik tipe dua HDPE (High Density Poleitilen), plastik yang tebal dan tak tembus pandang. Digunakan sekali pakai untuk menyimpan cairan kimia, kosmetik dan lain sebagainya.

PVC (Polyvinyl Cloride) adalah plastik tipe tiga yang mudah larut dan berbahaya. Biasa digunakan sebagai bahan mainan anak dan dan kemasan pada makanan. Namun karena sifatnya yang mudah luntur saat terkena panas, maka pemakaian plastik ini dilarang untuk mainan dan bungkus makanan.

Plastik tipe 4 bisa dibilang plastik yang lentur dan kuat, sangat cocok untuk membungkus makanan lembek dan sejenisnya. Aman sekalipun agak sulit untuk dihancurkan. Sementara itu plastik tipe lima atau PP (Polipropilen) adalah plastik yang paling aman untuk digunakan sebagai wadah makanan, mainan dan bahkan untuk wadah baterai pada gadget.

Untuk pemakaian packaging makanan, sebaiknya gunakanlah yang sudah food grade. Rekomendasi penulis adalah Greenpack. Semoga dapat membantu Anda.

Advertisements