Tags

, , , ,

 

 

Sampah plastik terus menumpuk di tempat pembuangan akhir sampah. Plastik perlu waktu lama untuk bisa terurai. Selain menimbulkan pencemaran, limbah ini juga berbahaya bagi hewan yang tak sengaja mengkonsumsi. Banyak cara untuk mengurangi sampah plastik, Anda bisa mencontoh langkah-langkah berikut ini.

Berikut tips sederhana mengurangi Samapah Plastik

1. Katakan Tidak Pada Sedotan

Salah satu cara paling mudah mengurangi sampah plastik adalah menolak untuk menggunakan sedotan. Katakan kepada pelayan restoran bahwa Anda tidak membutuhkan sedotan.

2. Gunakan Eco Bag

Sekitar 1 juta kantong plastik digunakan setiap menit, dan satu kantong itu perlu waktu 1000 tahun untuk terurai. Saat belanja Anda bisa membawa kantong yang bisa dipakai berulang-ulang. Namun harus dihindari membeli kantong dari nylon atau polyester, karena kedua bahan itu juga terbuat dari plastik. Pilihlah kantong yang dibuat dari katun.

3. Menggunakan Packaging Makanan Kertas

Apabila Anda memiliki rumah makan ataupun restoran, sebaiknya Anda menggunakan packaging makanan yang terbuat dari kertas. Sebab, banyak orang yang membuang sampah sembarangan setelah memakan makanan cepat saji. Dengan menggunakan packaging yang terbuat dari kertas maka Anda ikut membantu lingkungan kita untuk tetap terjaga dari sampah yang sulit berbaur dengan tanah.

4. Membawa tempat minum sendiri

Biasakan membawa minum sendiri dari rumah, jangan beli minum di botol plastik, membawa minum sendiri jelas hemat biaya, sebagian instansi seperti sekolah, kantor, kampus sudah menyediakan minum, jadi jika kita kehabisan kita hisa mengisi ulang kembali, hemat ramah lingkungna dan praktis.

5. Memanfaatkan ulang botol plastik

Botol plastik atau benda dari plastik lainnya dapat digunakan untuk keperluan berbagai macam. Contohnya dapat dijadikan tempat pensil, pot bunga, dan masih banyak lagi.

Advertisements