Tags

, , ,

Box Makanan

Selain menjadi tempat tinggal yang nyaman, rumah di zaman sekarang juga memiliki Fungsi yang lain. Rumah zaman sekarang bisa dijadikan ladang mencari uang. Anda dapat membuka usaha di rumah, salah satu usaha yang memiliki peluang besar adalah bisnis katering.

Jangan salah sangka, mungkin usaha ini terlihat kecil, tapi keuntungan yang Anda dapat dengan usaha katering adalah luar biasa. Misalnya saja, contoh mudahnya adalah Anda bisa mendapatkan pesanan katering untuk acara arisan keluarga, pesanan masal dari instansi pemerintah, acara ulang tahun, atau event-event lainnya yang mungkin tidak akan Anda sangka-sangka. Bayangkan, berapa banyak mereka sekali memesan?

Biaya bisnis katering

Untuk menekan biaya awal, Anda dapat memulai bisnis katering dengan menyewa perlengkapan memasak. Anda dapat menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut. Jika keuangan sudah stabil Anda bisa membeli peralatan sendiri.

Dengan menyewa peralatan, fasilitas, dan perlengkapan, Anda dapat menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi Anda, mengembangkan modal untuk investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan uang yang ingin diinvestasikan.

Apa yang Anda butuhkan

Agar berhasil menjalankan bisnis katering dibutuhkan bakat dan passion dalam memasak hidangan yang lezat. Anda harus memiliki perencanaan dan menjadi manajer yang luar biasa. Anda harus sangat terorganisir, namun cukup fleksibel ketika menghadapi perubahan di menit-menit terakhir.

Beberapa jenis katering sekarang menawarkan pesanan online mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup dengan pemberitahuan minimal 48 jam.

Anda tidak perlu pendidikan atau pelatihan khusus untuk menjadi pengusaha katering yang sukses. Namun, Anda dapat mengambil beberapa kursus di lembaga kuliner atau sekolah kejuruan yang secara signifikan dapat membantu meningkatkan kualitas penyajian makanan Anda.

Keberhasilan Anda akan langsung berhubungan dengan perencanaan dan penerapan dari rencana tersebut. Memahami apa yang diinginkan klien dan memberikan apa yang mereka inginkan melalui dalam cara layananan yang memuaskan.

Cara Berpromosi

Promosi dilakukan untuk tujuan pengenalan katering Anda. Dengan promosi Anda akan mendapatkan 2 manfaat, yakni kunjungan dan branding. Kedua faktor ini sangat penting untuk kesuksesan usaha katering Anda.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk promosi adalah sebagai berikut :

      1. Membuat Website

        Sudah tidak diragukan lagi website kini menjadi jembatan pamungkas untuk menghubungkan calon pelanggan Anda dengan Anda.

        Anda dapat memasukan informasi detail tentang usaha katering Anda, informasi kontak, dan gambar-gambar menarik tentang makanan Anda.

      2. Membuat Dus Makanan

        Siapa bilang dus makanan tidak bisa menjadi alat promosi? Dus makanan dapat Anda jadikan media promosi untuk tujuan branding. Anda dapat melakukannya dengan cara menyisipkan desain pada dus tersebut. Sehingga jika orang melihat dus dan desain tersebut, mereka semua sudah tahu bahwa itu adalah dus makanan milik usaha katering Anda.

        Jika Anda ingin membuat dus makanan yang memungkinkan Anda selaku pemilik katering dapat membranding dus tersebut, Anda dapat mengunjungi Greenpack.

      3. Membagikan Brosur

        Brosur merupakan cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung. Buatlah brosur yang berisikan materi tentang promo katering Anda. Misal : “Beli 5 Gratis 1” , “Pesan Sekarang, Gratis Antar” , “Diskon 50%”, dll.

      4. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Advertisements