Tags

, , ,

 

 

Di saat ini bukanlah hal yang baru lagi bahwa penggunaan styrofoam sudah banyak di sekeliling kita. Styrofoam digunakan untuk membungkus makanan bagi orang yang tidak ingin makan di tempat. Bagi yang tidak tahu, mungkin melihat styrofoam dari luar sekilas tidak berbahaya malah mungkin menyebutnya aman karena makanan tertutup rapih dan terhindar dari debu. Namun, dibalik itu semua tahukah anda bahwa ada hal yang sangat berbahaya?

Mari kita mulai terlebih dahulu dari bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam styrofoam itu sendiri.

Styrofoam adalah dus makanan yang terbuat dari plasti berbahan polimer yang terdiri dari banyak macam seperti :

Polietilen tereflatat (PET)

Polirinil klorida (PVC)

Polietilen (PE)

Polipropilen (PP)

Polistirena (PS)

Polikarbonat (PC)

Melamin.

Sebenarnya fungsi dari styrofoam itu sendiri adalah untuk keperluan insulasi. Bahan yang digunakan untuk membuat styrofoam memang bisa menanam suhu, sehingga benda yang terdapat di dalamnya tetap hangat atau dingin lebih lama dibandingkan dibungkus dengan kertas atau bahan lainnya. Namun karena dapat menahan suhu, banyak orang yang salah pengertian bahwa bahan tersebut juga dapat digunakan untuk makanan.

Jelas bahan yang digunakan styrofoam sangatlah berbahaya. Sebab styrofoam terbuat dari berbagai campuran bahan kimia beserta dengan butiran-butiran plastik. Bayangkan jika makanan yang anda sajikan ke dalam styrofoam berkuah, jika anda menyendok dan menyentuh dinding styrofoam maka butiran-butiran plastik akan copot. Jika butiran-butiran plastik tersebut termakan akan jadi hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Oleh dari sebab itu sebaiknya anda tidak menggunakan dus makanan yang terbuat dari styrofoam. Lebih baik menggunakan dus makanan yang terbuat dari kertas.

Salah satu yang baik adalah dus makanan yang dapat berbaur dengan lingkungan sehingga akan menjadikan lingkungan kita hijau dan tidak tercemar.

Jika anda mencari dus makanan seperti itu, Anda dapat mengunjungi link di bawah ini :

http://www.greenpack.co.id/

Advertisements