Tags

, , ,

 

Mungkin sebuah bom ataupun peluru nyasar dapat membuat anda terbunuh. Namun, tahukah anda jika kantong kresek hitam yang sering kita gunakan sehari-hari juga dapat membunuh kita? Mungkin kesannya memang menakut-nakuti, tapi percayalah bahwa hal tersebut memang benar.

Kantong kresek, atau lebih spesifiknya yang berwarna hitam, merupakan produk yang di daur ulang.

Bahan pembuatannya pun beraneka ragam. Bisa jadi limbah rumah sakit, limbah logam, bungkus pestisida, atau mungkin bisa jadi kotoran manusia.

Ya, bahan yang digunakan beraneka ragam sekali. Jadi sebenarnya tidak layak juga untuk dijadikan pembungkusmakanan. Proses pembuatan kantong kresek hitam ini sendiri melibatkan bahan kadmium, timah putih, residu, penstabil senyawa timbal dan lainnya. Bahan-bahan tersebut tentu sangat berbahaya. Hal ini kurang lebih sangat mirip dengan artikel saya sebelumnya yang membahas tentang styrofoam (Klik di sini).

Bahan-bahan pembuatan kantong kresek yang telah disebutkan tadi dapat menyebabkan kanker hati, dan paru, meracuni ginjal dan syaraf, gangguan endokrin dan beberapa penyakit lainnya yang juga berbahaya. Penyakit tersebut sungguh mematikan. Sungguh sangat disayangkan masih banyak masyarakat yang kurang memiliki pemahaman tentang produk ini.

Apakah anda masih ingin menggunakan kantong plastik kresek ini sebagai wadah makanan anda? Jika tidak, segeralah beralih menggunakan kemasan makanan yang aman-aman saja untuk makanan.

Semoga hal ini menjadi bahan renungan bersama.

Advertisements