Tags

, , ,

 

 

Ramah lingkungan memang menjadi hal yang harus kita perhatikan sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan lingkungan kita sekarang ini banyak mengalami dampak yang terjadi akibat ulah manusia. Diantaranya adalah perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan membuat lingkungan di sekitar kita tercemar, tidak indah dan kurang nyaman. Perilaku manusia yang menggunakan produk berbahan plastik berlebihan. Contoh, menggunakan kantong plastik untuk belanja, menggunakan kemasan makanan yang terbuat plastik, penggunaan botol minum yang terbuat dari plastik, sedotan dari plastik. Itu semua memang tidak apa untuk digunakan, namun jika setelah penggunaan anda tidak meletakkan di tempat yang tepat, maka produk tersebut bisa mencemari lingkungan bahkan merusak lingkungan kita.

Oleh karena itu jika anda ingin membuka usaha, sebaiknya gunakanlah konsep ramah lingkungan.

Sebagai contoh, pada artikel kali ini kita akan membahas rumah makan yang meggunakan konsep ramah lingkungan.

  1. Taman yang Hijau

    Jika kita berbicara taman, hal tersebut identik dengan tumbuh-tumbuhan hijau, namun sangat disayangkan taman-taman sekarang ini justru hanya menampilkan keindahan eksterior saja. Lebih banyak menyajikan lampu yang indah serta bangku yang elegan dan nyaman untuk diduduki.

     

    Jika Anda memang berencana untuk membuka restoran yang ramah lingkungan, sebaiknya anda membuat taman yang memiliki rumput hijau untuk menyejukan mata pengunjung serta memberikan kesan hijau yang menandakan ramah lingkungan.

     

  2. R3 (Recycle, Reduce, Reuse)

    Sesuai dengan artinya, daur ulang, pengurangan, serta penggunaan ulang menjadi 3 hal yang menandakan ramah lingkungan. Anda bisa menggunakan barang-barang bekas layak pakai untuk dijadikan perlengkapan resto Anda. Contoh : Anda bisa menggunakan piringan cd yang sudah rusak sebagai alas gelas. Anda bisa menggunakan, beberapa peralatan elektronik lainnya untuk dijadikan pajangan. Hal ini jelas ramah lingkungan karena memanfaatkan produk yang sudah tidak terpakai untuk digunakan ulang kembali.

     

  3. Bersih, Segar, dan Nyaman

    Satu lagi hal yang tidak boleh luput dan merupakan hal yang memang harus Anda jaga. Yakni, kebersihan restoran Anda, serta sirkulasi yang segar dan tentu saja tempat yang tentram, dan nyaman untuk tempat makan dan bercanda tawa dengan keluarga. Lingkungan di sekitar yang asri dan bersih akan membuat suasana tersebut tercapai dengan mudahnya.

     

  4. Penggunakan Take Away Box Ramah Lingkungan

    Nah, ke-3 hal di atas adalah hal sederhana yang bisa Anda aplikasikan untuk restoran Anda. Namun yang satu ini juga tidak boleh untuk Anda lewatkan, take away box ataupun box makanan yang Anda gunakan juga haruslah terbuat dari bahan dasar kertas. Dengan demikian, image anda di mata publik lengkap sudah menjadi sosok restoraan ataupun rumah makan yang berkonsep ramah lingkungan.

Advertisements