Tags

, , ,

 

 

Umumnya, kemasan produk yang sekarang ini banyak beredar di pasaran adalah jenis kemasan produk yang menggunakan material kemasan fleksibel. Hal ini banyak dipilih oleh para pelaku bisnis mengingat harga harga kemasan produk yang fleksibel jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kemasan kaku, yang berbahan metal atau plastik. Selain harganya yang lebih murah, kemasan produk yang fleksibel juga lebih ringan sehingga akan berimbas pada lebih rendahnya biaya transportasi.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, seorang konsumen harus pandai memilih dus makanan dan minuman yang aman ketika akan membelinya. Nah, agar para pelaku usaha tak salah dalam memilih kemasan makanan dan minuman dalam memasarkan produk-produknya maka penting bagi pengusaha untuk mengenal jenis bahan kemasan makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan.

Sekarang marilah kita bahas terlebih dahulu tentang styrofoam. Bagaimana dengan dus makanan yang terbuat dari foam. Apakah berbahaya atau tidak?

Penelitian telah membuktikan bahwa dus makanan yang terbuat dari Styrofoam sangat diragukan keamanannya bagi kesehatan tubuh manusia. Styrofoam yang terbuat dari kopolimer styrene menjadi sangat populer di kalangan pelaku bisnis makanan.

Bahan kemasan makanan tersebut bisa mencegah terjadinya kebocoran serta mampu mempertahankan bentuk ketika dipegang oleh konsumen atau pelanggan. Bahan kemasan tersebut juga mampu mempertahankan suhu panas maupun dingin. Namun, akan berbahaya bagi kesehatan jika kemasan tersebut dipakai untuk makanan panas, berlemak, beralkohol dan berminyak karena bahan kemasan makanan dari Styrofoam ini bisa melepas monomer.

Sedangkan jika kita bicara bahan plastik.

Plastik adalah jenis kemasan produk yang banyak digunakan oleh industri untuk mengemas makanan dan minuman. Kemudahannya dalam proses produksi dan harganya yang murah membuat kemasan plastik menjadi banyak dipilih. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa jenis kemasan plastik yang berasal dari polyetilen polypropilen polyvinylchloride tidaklah aman bagi kesehatan.

Lalu, apa kemasan yang baik dan cocok untuk digunakan sebagai wadah makanan? Anda bisa menggunakan dus makanan yang terbuat dari kertas seperti contoh di bawah ini :

Selain kertas dapat dijadikan media promosi, kertas juga sangat ramah terhadap lingkungan. So, Jika Anda ingin menjadi pengusaha makanan sebaiknya Anda menggunakan dus makanan yang terbuat dari kertas. Coba cek di sini : http://www.greenpack.co.id/

Advertisements