Artikel ini dibuat untuk tujuan mengingatkan Anda yang suka membuang sampah sembarangan untuk berhenti. Tahukah Anda sampah yang Anda buang tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan dan juga diri kita sendiri. Mungkin ada beberapa sampah yang tidak berbahaya karena dapat berbaur dengan lingkungan, namun ada juga sampah yang cukup berbahaya. Contohnya : Sampah Plastik dan Styrofoam.

Percaya atau tidak, sejatinya dalam kurun waktu yang panjang sampah ini dapat membunuh Anda. Diperkirakan sekitar 90% sampah yang mengapung ataupun tenggelam di dasar lautan adalah plastik. Sampah plastik di laut akan terurai secara fisika, menjadi pecahan-pecahan plastik yang berukuran lebih kecil, akhirnya menjadi partikel-partikel plastik.

Plastik dalam jumlah dan ukuran apapun dapat termakan oleh satwa laut, termasuk ikan. Bayangkan ikan yang memakan plastik tersebut ditangkap oleh nelayan, dan berakhir di piring makan kita. Hal itu sama artinya kita turut memakan plastik. Bagaimana jika kita memakan plastik dalam jumlah yang banyak? Tentu Anda sudah tahu hasilnya bukan?

Selain itu masih banyak lagi contoh-contoh sampah kecil lainnya seperti dus makanan dari styrofoam, botol plastik, kantong plastik, dan lainnya yang sama bahayanya. So, oleh sebab itu sebaiknya Anda dapat lebih bijak dalam membuang sampah. Semoga artikel ini dapat membuat Anda sadar.

Advertisements