Tags

, , ,

 

 

Sampah memang menjadi masalah utama di sejumlah kota-kota yang besar, sampah dituding sebagai pelaku utama dari kerusakan lingkungan dan berbagai sumber penyakit. Diperkirakan rata-rata manusia membuang 1 kg sampah setiap harinya. Kebanyakan sampah tersebut berupa streoform dan plastik, padahal 2 jenis sampah ini sangat sulit untuk terurai. Contohnya adalah plastik. Plastik membutuhkan waktu hampir 1 abad agar dapat terurai sempurna oleh alam.

Tahun lalu ada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Science pada Jumat (13 Februari 2015) memberitahukan bahwa setiap tahun lautan yang ada di seluruh dunia diisi penuh oleh sampah plastik hingga 12,7jt ton.

Fakta yang menyedihkan adalah Indonesia menduduki urutan nomor 2 dari 20 negara yang terdaftar paling banyak membuang sampah plastik di laut. Urutan nomor 1 diduduki China yang membuang sampah hingga 3,5jt ton plastik ke laut setiap tahunnya. Bukankah dari fakta ini membuktikan bahwa harus ada yang dirubah dari pelakunya? Ya pelakunya. Mulai dari pelakunya baru cara mengatasinya.

Minimal kita harus menanamkan ataupun merubah mindset buang sampah sembarangan menjadi buang sampah pada tempatnya. Lebih bagus lagi tempat sampah dibuat menjadi 3 bagian. Yakni organik, non-organik, dan barang bekas. Tentunya jika kita semua mengerti dan menjalankan peran ini, tentu saja ke depannya akan jauh lebih baik.

Advertisements