Tags

, , ,

Seperti yang kita tahu, saluran air yang setiap hari dipakai tentu menjadi rawan untuk tersumbat karena kotoran, sisa makanan, maupun sampah yang tak sengaja ikut terbuang lama-lama menumpuk dalam saluran air. Jika dibiarkan, tentu hal ini akan membuat saluran air menjadi mampet dan mudah tersumbat.

Jika sudah begini, banjir dapat menjadi ancaman sejumlah kecamatan di wilayah perkotaan. Hal ini juga dipicu keberadaan sejumlah saluran dan sungai yang dipenuhi tumpukan sampah.

Apakah semua ini disebabkan saluran air? Tentu tidak, penyebabnya adalah sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan ini memang menjadi akar dari permesalahan banjir. Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat kurang. Kedisiplinan dalam membuang sampah harusnya selalu diterapkan. Jika kita sedang berada diluar dan memang tidak ada tong sampah, sebaiknya kita bawa terlebih dahulu sampah tersebut sampai kita menemukan tempat sampah. Namun, realitanya banyak yang membuang sampah sembarangan, baik di jalan maupun di saluran air. Sifat manusia memang serakah dengan merampas hak air mengalir di jalannya. Segala yang tidak digunakan dibuang begitu saja ke selokan.

Selokan bukanlah tempat sampah, melainkan tempat mengalirnya air. Jika saluran air tersebut banyak digenangi sampah maka air tidak dapat mengalir dengan lancar.

Jika saluran pembuangan air sudah dipenuhi sampah dan limbah, maka hal tersebut dapat berujung dengan penyebaran berbagai macam penyakit. Selain itu, jika dimusim penghujan tiba, saluran yang mampet akan menimbulkan musibah banjir yang dapat merugikan warga sekitar.

So, Mulai sekarang bari kita stop kebiasaan membuang sampah sembarangan. Mari kita bangun indonesia yang lebih baik.

Advertisements