Tags

, , , , , , ,

Greenpack-polusi jktDalam kondisi dan situasi seperti ini sudah sepatutnya kita sadar akan kebersihan lingkungan, melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan sampah adalah salah satu bagian dari rasa tanggung jawab bahwa sekelompok masyarakat itu peduli dengan lingkungan tempat ia tinggal.

Kini bukan hanya sampah yang menjadi persoalan bagi bangsa kita, tetapi dampak polusi udara yang belum begitu diperhatikan untuk ditangani oleh masyarakat, swasta dan pemerintah.

Beberapa penyebab yang menjadi pencemaran udara diantaranya :

  1. Industri yang tidak sesusai standard

    Kawasan industri kini menjadi yang pertama penyebab terjadinya polusi udara, sisa dari pembakaran hasil produksi menjadikan cerobong mengeluarkan asap hitam selama 24 jam tidak pernah berhenti dan itu terjadi setiap hari, dapat kita bayangkan berapa banyak industri yang tidak sesuai dengan standard di negeri ini, lalu bagaimana dengan atmosfer bumi ini?

    Dampak lain dari industri yang tidak standar sering kali kita lihat, mungkin ada sebagian dari kita merasakan dampaknya, pembuangan sampah hasil produksi, instalasi pembuangan air yang tidak sesuai dengan tempatnya menjadikan lingkungan dikawasan industri kumuh dan air yang bercampur dengan sampah menimbulkan bau yang tidak sedap.

    Dalam hal yang seperti ini tidak hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab dan mencari solusi namun bagi perusahaan swasta dan masyarakat pun ikut serta menciptakan udara segar dan lingkungan bersih.

  1. Lalu lintas kendaraan

    kendaraan menjadi fasilitas trasportasi yang memudahkan kita untuk mencapai titik tujuan dari titik A menuju titik C. Namun sadarkah teman-teman berapa jumlah kendaraan per tiap bulannya yang terjual di seluruh Indonesia, pada tahun 2013 seluruh penjualan kendaraan saja tercatat 104.118.969 menurut badan pusat stastistik, Waaaw sangat fantastis bukan?

    Hal ini lah yang menjadi sumber kemacetan khususnya kota se jabodetabek.

    Selain dari kemcetan dapak lain adalah pencemaran udara, walaupun kini perusahaan otomotif menciptakan produk ramah lingkungan namun tetap saja dapat mencemarkan lingkungan karena semakin banyak kendaraan tanpa adanya limit, kendaraan akan terus bertambah setiap harinya.

  2. Kebakaran hutan

    Asap tebal dan kabut akibat kebakaran yang sering terjadi mengakibatkan pencemaran udara yang sangat luar biasa, dan pada tahun 2015 lalu sumatera dan Klimantan menjadi titik pusat kebakaran terbesar di Asia tenggara. menurut wikipedia Pencemaran udara dibedakan menjadi dua yaitu, pencemar primer dan pencemar sekunder. Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder.

Sekian dari saya mudah-mudahan artikel ini bisa membantu dan bermanfaat, Amin.

Packaging makanan, kemasan makanan, dusmakanan, kotak makanan, desain kotak makanan, box makanan

Advertisements