Tags

, , , , , , , ,

Mungkin dari kita sering bertanya apa pengertian pencemaran air? secara garis besarPencemaran air adalah suatu perubahan situasai dan keadaan di tempat penampungan air seperti sungai, danau, lautan dan air tanah akibat manusia. Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia dan hampir semua makluk hidup didunia ini bergantung pada air. Barbagai macam fungsi air yang sangat membantu manusia dan pemanfaatan air diantarannya Pembangkit Listrik Tenaga Air, pengairan pada sawah atau irigasi, kebutuhan air minum dan masih banyak lagi manusia memanfaatkan air sebagai sarana untuk mendukung kehidupannya dari segala aspek.

Namun kini air menjadi masalah besar yang harus mendapatkan perhatian dan pengamatan secara khusus baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat karena masih sangat banyak daerah perkotaan maupun daerah yang terpencil yang sulit untuk mendapatkan air besih, sulitnya air bersih bukanlah akhir-akhir ini kita rasakan, sejak lampau mendapatkan air bersih memang sulit didapatkan pada daerah daerah tertentu. Populasi penduduk Indonesia adalah urutan ke lima terbanyak di dunia, jadi sangat wajar apabila kita tidak menanggulangi pencemaran air bersih sejak
dini suatu saat kelak generasi muda kita sulit mendapatakan air bersih.
Dua faktor utama yang mengakibatkan air menjadi tercemar yaitu faktor alam dan faktor manusia itu sendiri, Penyebab alami yang pada dasarnya tidak dapat dihindari oleh makhluk di bumi artinya semua terjadi dengan adanya unsur keterkaitan alam semesta dan air, misalnya gempa bumi, badai, tsunami, gunung meletus, banjir dan sedimen atau pendangkalan sungai. Sedangkan faktor penyebab yang dilakukan manusia itu sendiri adalah pembuangan sampah rumah tangga pada sungai, limbah buangan industri, penangkapan ikan menggunakan racun atau bahan peledak dan masih banyak lagi praktik praktik yang dilakukan manusia.
Dampak dari pencemaran air bersih
a. Gangguan kesehatan bagi tubuh akibat bibit penyakit yang dibawa oleh air seperti nyamuk lalat dan sebagainya
b. Sulitnya mendapatkan air bersih untuk layak konsumsi dan kebutuhan sehari-hari
c. Lingkungan terlihat kotor dan bau tak sedap
d. Punahnya hewan hewan yang hidup di air
Banyak hal yang dapat dilakukan dengan cara sederhana namun rutin secara terus menerus untuk menanggulangi pencemaran air bersih diantaranya :
a. Membuang sampah pada tempatnya artinya sediakan kotak sampah khusus sehingga bagian kebersihan mudah untuk memindahkan sampah tersebut.
b. Hindari pembuangan sampah pada saluran air, sungai, danau, lautan seperti kemasan makanan, botol minuman, packaging makanan dan sebagainya agar air tetap terjaga kelestariannya
c. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga
d. Perusahaan pemerintah maupun swasta wajib melakukan filter terhadap limbah hasil produksi agar limbah yang nantinya bersatu dengan air bukan lagi limbah yang jahat melainkan limbah yang sudah terfilter dan tidak merusak berlangsungnnya ekosistem alam.
Cara penanggulangan pencemaran air lainnya adalah melakukan penanaman pohon. Pohon selain bisa mencegah longsor, diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Itu sebabnya banyak bencana banjir akibat penebangan pohon secara massal. Padahal, pohon merupakan penyerap air paling efektif dan handal. Pohon sesungguhnya bisa menjadi sumber air sebab dengan banyaknya pohon, semakin banyak pula sumber-sumber air potensial di bawahnya.
Lihat pada gambar dibawah ini banyak sekali sampah mengapung yang sulit terurai seperti botolminuman, kemasan makan, plastik, packaging makanan benda benda tersebut membutuhkan waktu yang lama agar bisa terurai kembali.
greenpack-pencemaran-air
Advertisements