Tags

, , , , , , , , , ,

greenpack-limbah-hasil-industri

Jika kita perhatikan pada gambar diatas terdapat sampah dan limbah botol-botol minuman, kemasan makanan yang bercampur dengan air, jika kita sadari sungguh sangat memilukan sekali.

 Di era ini banyak sekali kita jumpai kawasan kawasan industri, sangat beraneka ragam industri tersebut memproduksi, mulai dari industri plastik, tekstil, sepatu, industri otomotif, industri pangan dan msih banyak lagi jenis produk yang diproduksi oleh industri tersebut. Terlepas dari itu semua tentu ada dampak positif dan negatif, jika kita lihat dari sudut pandang yang positif tentu manfaatnya pun baik seperti :

  1. Mengurangi tingkat pengangguran.

    Dengan adanya pembangunan manufaktur tentu pihak perusahaan membutukan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan industri tersebut, banyak devisi dan departemen dalam suatu perusahaan, contoh untuk departemen manajemen produksi sangat banyak melibatkan karyawan muli dari SDM produksi, kepala team produksi, supervisor produksi, manager produksi hingga level teratas semua mempunyai SOP dan jobdesc artinya terbukalah lapangan kerja.

  2. Stabilitas Ekomoni

    Dengan indeks pertumbuhan ekonomi yang semakin cepat maka akan berdampak pada kesejahteraan ekomomi masyarakat yang membaik. Siklus perputaran uang dengan beragam aktifitas mulai dari investasi saham pada perusahaan, aktifitas kebutuhan logistik perusahaan, aktifitas transaksi penjualan produk pada distributor atau end user, apabila hal ini terus terjadi dan berkepanjangan maka stabitiltas nilai mata uang akan terus naik. Selain itu dengan adanya manufaktur kita turut mengembangkan negara melaui pembayaran pajak.

  3. Peluang usaha baru

     

    Berdirinya suatu perusahaan akan membangkitkan ekonomi pada daerah tersebut dan terbukanya peluang usaha baru, sebagai contoh sektor pedagangan atau usaha rumahaan sekitar wilayah idustri.

Itulah dampak positif yang diberikan oleh pertumbuhan industri saat ini. Namun jika kita lihat dari sudut pandang negatif, industri memiliki dampak yang sangat berpengaruh pada lingkungan atau kawasan sekitarnya, berikut dampak negatif dari perkembangan industri :

  1. Adanya polusi udara dari asap industri

    Dengan semakin berkembangnya daerah perindustrian dapat mengakibatkan polusi udara, artinya pada daerah atau lingkungan idustri tersebut terdapat udara yang tidak sehat seperti bau yang tak sedap dan tentunya menyebabkan pencemaran udara yang diakibatkan cerobong asap yang dikeluarkan oleh pabrik.

  2. Pencemaran air akibat limbah produksi

    Jenis limbah cair yang dikeluarkan oleh pabrik dapat menimbulkan pencemaran air bersih didaerah atau lingkungan tersebut, hal ini menjadi dampak buruk untuk kesehatan bagi masyarakat sekitar industri. Jika perusahaan hanya mementingkan produktifitas industri tanpa memikirkan efek negatif dari limbah yang dihasilkan maka jangan disalahkan apabila alam sudah tidak bersahabat lagi dengan manusia. Hal ini dapat ditangani bersama dengan kesadaran penuh baik dari pihak perusahaan, pemerintah maupun masyarakat. Kebersamaan membuat program untuk menjaga kelestarian lingkungan, memecahkan masalah, mencari solusi atau menangai keluhan-keluhan yang dirasakan oleh masyarakat, tentu hal ini tidak bisa dilakukan hanya sekali saja tetapi alangkah lebih baiknya menjadikan kegiatan rutinitas.

Seiring berkembangnya dunia industri kini banyak perusahaan juga membangun industri ramah lingkungan, mulai dari pembuangan asap hasil pembakaraan pabrik, pembuangan limbah hasil produksi hingga produk yang diciptakan pun ramah lingkungan. Seperti contoh produk kemasan makanan atau packaging makanan yang ramah lingkungan, produk plastik atau perabot rumah tangga yang ramah lingkungan dan masih banyak lagi produk ramah lingkungan yang diciptakan di era ini.

Sekian artikel singkat ini saya buat mudah-mudahan mampu memerikan penerangan dan manfaat positif untuk kita semua. Amin.

Advertisements