Tags

, , , , , , , , ,

kemasan-makanan Di dunia usaha kuliner atau makanan tentu tidak lepas dari yang namanya kemasan makanan, para pengusaha kuliner berusaha menciptakan kemasan makanan seunik dan semenarik mungkin, mulai dari desain packaging makanan hingga bahan matrial yang akan digunakan untuk box mananan tersebut. Sudah tak asing lagi bagi para pengusaha tentang kemasan makanan yang terbuat dari bahan dasar kertas, namun tetap saja kemasan makanan sangat mencerminkan pada produk makanan yang akan dijual, Semakin unik packaging makanan maka semakin dikenal produk makanan yang dijual, ditambah kelezatan makanan yang bisa memuaskan lidah para pelanggan, tentu para pengusaha kuliner pun sangat menjaga kualitas dan cita rasa agar para pelanggan tetap

setia dengan makanan yang disajikan oleh pengusaha-pengusaha kuliner tersebut.

Mengapa para pengusaha kuliner atau pengusaha makanan lebih condong menggunakan kemasan makanan yang terbuat dari bahan dasar kertas? salah satu dari alasan mereka adalah karena kemasan makanan yasng terbaut dari bahan dasar kertas lebih fleksibel, hemat biaya, mudah digunakan, dan ramah lingkungan. Namun sering juga kita menjumpai kemasan makanan yang terbuat dari plastik, kaleng, styrofoam, kemasan makanan berjenis seperti ini setelah digunakan tentu harus didaur ulang kembali agar tidak terlalu banyak dampak yang mengakibatkan pencemaran air dan tanah, tentu memang harus ada pantauan khusus untuk hal seperti ini.

Ada sebagian dari kita yang tidak begitu memperhatikan packaging makanan, jika kita telaah, kemasan makanan memang sangat membantu dalam kebutuhan pengemasan namun dari sisi lain ada resiko yang harus kita perhatikan, tentu sangat sulit untuk mengetahui kemasan makanan yang layak digunakan sebagai kemasan karna kita harus mengenali sipenjual dahulu baru kita bisa menyimpulkan bahwa kemasan makanan tersebut layak atau tidak layak digunakan.

Kemasan makanan yang sangat aman digunakan adalah saat ini adalah kemasan yang terbuat dari bahan kaca, namun kemasan makanan yang terbuat dari kaca sangat sulit digunakan pada saat berpergian, acara pesta, biaya lebih mahal, dan gelas tidak tahan panas pada suhu tertentu dan sangat mudah pecah. Jadi tidak heran apabila para pengusaha kuliner saat ini banyak menggunakan kemasan makanan yang terbuat dari bahan kertas, selain aman kemasan makanan juga sangat ramah lingkungan dan mudah untuk didaur ulang.

Sekian artikel ini saya buat mudah-mudahan bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya… thanks

Advertisements