Tags

, , , , , , , , , ,

banjir

Banjir sudah menjadi tradisi tahunan dikota jakarta, segala upaya sudah dilakukan pemerintah daerah untuk menanggulangi bajir tahunan ini, mulai pengerukan sungai yang dangkal, menjaga kebersihan tempat, penyediaan tempat sampah dipemukiman warga agar jenis sampah seperti kemasan makanan, botol minuman dapat terkumpul dengan baik, namun upaya upaya tersebut belum juga cukup mengatasi kebanjiran dikota jakarta.

Menurut para ilmuan yang telah mengkaji dan meneliti masalah banjir di Jakarta, banyak faktor yang menyebabkan banjir di antaranya :

a. Jakarta merupakan kota yang dekat dengan laut.

b. Jakarta merupakan kota dengan dataran yang sangat rendah dibading kota-kota disekitarnya.

c. Jakata merupakan kota terpadat dengan persentase penduduk 60 dari 100 penduduk di seluruh Indonesia berada di Jakarta, sangat wajar apabila penduduk jakarta tidak lagi terkontrol dalam membuang sampah.

d. Saluran air bawah tanah di Jakarta belum bisa memenuhi pembuangan air ke laut, karena minimnya terowongan saluran air yang bisa mengantarkan banjir kepembuangan selanjutnya.

e. Jakarta merupakan kota central bisnis dan Industri, tingkat untuk menangani banjir di Jakarta sangat sulit, membutuhkan waktu yang sangat lama dan membutuhkan modal yang besar dalam membangun infrastruktur instalasi air.

Sebenarnya masih banyak penyebab terjadinya banjir di Jakarta, namun solusi sederhana nya adalah menanamkan rasa kepedulian terhadap lingkungan misalnya saya membeli makanan yang dicover dengan kemasan makanan, secara otomatis setelah saya makan, kesadaran itu timbul untuk membuang sampah pada tempatnya, kesadaran kerja bakti mingguan masing RT atau kelurahan, kesadaran menggunakan produk yang ramah lingkungan agar didaur ulang, kebiasaan kebiasaan seperti inilah yang harus dijadikan budaya. Apabila kebiasaan individu ini berjalan dengan baik tentu pemerintah daerah sangat terbantu dan merasa bangga pada pada masyarakatnya.

Sekian artikel singkat ini saya buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca…

Advertisements