Tags

, , , , , , , , , ,

bahaya kemasan makanan

Banyak kita jumpai tempat makan atau tempat jajanan yang kurang memenuhi standard mulai dari tempat yang tidak nyaman, bahan makanan yang digunakan tidak alami, kemasan makanan yang terbuat dari bahan berbahaya. Sangat miris sekali, bisa kita bayangkan bagaimana jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, dalam waktu singkat bisa saja berakibat pusing, mual, migren, diare dalam kurun waktu lama pasti penyakit yang mengidap pada tubuh seperti kangker, diabetes, tekanan darah tinggi, alergi dan lain sebagainya.

Jika anda mempunyai hobi masakan kuliner tentu harus berhati-hati dalam memilih makanan yang sehat dan layak dikonsumsi, sebagai pencinta kuliner ada juga harus memahami dan mengenali makanan yang baik bagi tubuh dan kemasan yang digunakan, karena untuk sehat tidak cukup dengan makanan yang enak dan menarik untuk dilihat. Namun kali ini saya tidak membahas makanannya tapi saya akan membahas jenis kemasan makanan yang sehat, tidak mengandung bahan kimia dan layak untuk digunakan untuk makanan.. oke lanjut ya

Kertas adalah salah satu dari alat yang dapat berfungsi sebagai pengemas makanan, namun ada beberapa kertas yang boleh digunakan dan ada juga jenis kertas yang memang dilarang untuk digunakan, lalu jenis kertas seperti apa yang boleh digunakan dalam kemasan makanan? ya kertas kemasan harus terbuat dari bahan standart food grade packaging, umumnya kemasan food grade menggunakan bahan dasar ivory, kertas invory ini sangat aman digunakan sebagai kemasan makanan, kertas ini memiliki 2 sisi dengan tekstur berbeda, satu sisi bertekstur halus dan 1 sisi lagi terasa kesat dan sedikit kasar seperti HVS, mengapa restoran banyak menggunakan jenis ini? karena kertas ivory sangat kokoh, berbahan tebal dan sangat eksklusif. Kertas ivory juga memiliki ukuran yang berbeda-beda namun yang lazim digunakan biasanya antara 250gr, 300gr, 350gr. Kemasan makanan berkategori food grade terbuat dari bahan serat alami sehingga tampak berwarna putih bersih, tidak berbintik, tidak meresap minyak serta bebas dari bakteri ataupun kandungan zat senyawa yang berbahaya bagi tubuh.

Jenis kertas kemasan seperti apa yang tidak boleh digunakan? Sangat banyak sekali, jenis kertas yang mengandung zat berbahaya perlu diketahui seperti duplex, karton, samson craft jenis kertas ini tidak lazin digunakan karena sangat berbahaya dan banyak mengandung zat zat kimia yang dapat menimbulkan kanker. Saat ini sangat mudah untuk kita menjumpai tempat makanan yang tidak menggunakan food grade paper, contoh saat kita membeli martabak di pinggir jalan atau di toko jajan masih kita temui kemasan yang digunakan si penjual terbuat dari bahan karton. Mungkin teman-teman bingung bagaimana cara membedakannya antara kemasan makanan yang aman digunakan dan kemasan yang tidak lazim digunakan, cara sederhanan adalah fahami terlebih dahulu kemasan food grade paper perhatikan bahan dan matrial yang digunakan setelah mengerti kemudian bedakan dengan kemasan makanan yang terbuat dari bahan dasar karton, nah mungkin teman-teman bisa mengira-ngira perbedaannya.

Sekian artikel singkat ini saya buat, mudah-mudahan dapat membantu dan bisa bermanfaat. Amin.

Advertisements