Tags

, , , , , , , , , , ,

kue lebaran idul fitri

Beraneka ragam jenis makanan dan kue lebaran yang dapat kita jumpai, baik dari perusahaan makanan maupun usaha rumahan, semua berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan, ikon hari raya Idul Fitri adalah ketupat dan kue lebaran, kue lebaran yang menjadi favorit umumnya seperti kue cokelat, kue nastar, kue bolu dan lain sebagainya, bagi ibu rumah tangga yang padat dengan kesibukannya mungkin akan membeli kue di toko toko kue langganannya, namun bagi ibu rumah tangga yang mempunyai skill dalam membuat kue, moment ini dapat di manfaatkan sebagai uang tambahan.

Namun pernahkah anda terfikir, betapa banyaknya jenis kue saat lebaran, bagai manakah proses pembuatannya? Kue lebaran biasanya disajikan pada tamu atau sanak saudara yang datang, dengan menggunakan kemasan makanan unik seperti toples atau kemasan makanan food grade paper agar terlihat unik dan menarik. Banyak ditemukan juga merk merk dengan kemasan makanan palsu, tak jarang kita jumpai di pasar-pasar bahkan mall kue kue kering lebaran yang tidak bermerk, tidak mempunyai izin BPOM dan MUI namun dikemas dengan semenarik mungkin, hal ini bisa dikatakan ilegal. Kue lebaran memang dapat menghipnotis, disamping rasanya manis, gurih terkadang kita tak sadarkan lagi seberapa banyak kue yang sudah kita makan dan kita pun lupa tehadap akibat dari kue lebaran yang tebuat dari bahan tidak alami.

Hal yang paling penting sebelum membeli kue adalah memperhatikan terlebih dahulu kemasan makanan nya, jangan tergiur dengan harga kue yang murah, karena makanan murah belum tentu sehat, penjual mempunyai alasan mengapa menjual dagangannya dengan harga yang murah, penggunaan pewarna makanan dengan tekstil, pengawet dengan formalin, hal ini bisa menjadi faktor mengapa kue tersebut dijual lebih murah. Untuk membeli kue yang aman kenali toko toko kue yang pembuatannya mengguankan bahan yang aman konsumsi dan jadikan toko tersebut menjadi toko kue langganan anda, perhatikan juga lebel atau merk di kemasan makanan, lebih baik membeli makanan atau minuman yang sudah memiliki nomor seri dari dinas kesehatan maupun izin resmi MUI dan BPOM.

Adapun cara paling aman adalah dengan membuat kue sendiri, memang lebih repot tapi terjamin bagi kesehatan tubuh anda dan keluarga. Anda dapat memilih bahan yang layak konsumsi dan mengolahnya bersama keluarga dirumah. Perbandingan membuat kue lebaran sendiri dengan membeli kue yang sudah jadi jauh lebih hemat dengan membuat kue lebaran sendiri, selain terjamin dan hasil nya pun lebih banyak di banding kita membeli, dengan hasil buatan kue yang lebih banyak tentu kita dapat berbagi kepada sanak saudara, mertua, teman dekat dan sebagainya. Kita pun bisa ber ekspresi untuk kemasan makanan yang akan digunakan pada kue lebaran agar lebih unik dan menarik disajikan pada tamu atau sanak saudara.

Advertisements