Tags

, , , , , , , , , , ,

kemasan plastik

Pada dasarnya jenis kemasan kertas dan kemasan plastik mempunyai mempunyai perbedaan sangat mendasar, masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan. Jika anda mempunyai usaha makanan atau kuliner dirumah, maka sesuaikan cetak kemasan makanan yang digunakan apakah terbuat dari bahan kertas atau bahan plastik. Berikut keunggulan dan kelemahan dari cetak kemasan kertas dan kemasan plastik :

Kemasan makanan bahan kertas

Dari sekian banyak pengusaha makanan atau pengusaha kuliner, banyak dari mereka memilih kemasan makanan food grade yang terbuat dari bahan kertas, kemasan makanan terbuat dari kertas memiliki keunggulan lebih tinggi yaitu bahan lebih ringan, harga relatif lebih murah dan hempat tempat dalam penyimpanan dan mudah di daur ulang. Sedangkan untuk kelemahannya sendiri kemasan mudah sobek, mudah terbakar, tidak bisa dipanaskan terlalu lama dan tidak dapat untuk mengemas makanan yang mengandung cairan.

Banyak kita jumpai kemasan makanan non food grade seperti kertas majalah, kertas bekas buku tulis, kertas koran yang dijadikan sebagai kemasan makanan. Kita harus lebih bijak dalam memilih dan membeli makanan, alangkah lebih baiknya jika kita membawa tempat makanan sendiri selain kebersihan yang terjamin juga menghindari dari senyawa bahan kimia dari kemasan non food grade.

Kemasan makanan bahan plastik

Jenis kemasan makanan berbahan plastik memiliki beberapa keunggulan diantaranya lebih ringan, sangat kuat, tidak mudah bocor, mudah untuk memberikan label identitas, kelemahannya sendiri tidak tahan panas dengan suhu yang tinggi, mudah di palsukan dengan merk tertentu, mengandung bahan bahan kimia.

Selain itu kemasan makanan jenis plastik juga sangat berimbas pada lingkungan karena kemasan plastik sangat sulit didaur ulang secara alami dan membutuhkan waktu yang cukup lama tentu hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, dengan menyediakan tempat sampah agar kemasan plastik sampah terkumpul dengan baik dan bisa didaur ulang kembali dengan menjual keperusahaan plastik atau bisa juga kita manfaatkan dengan membuat hiasan dari kemasan plastik. Untuk menghindari dari segala dampak buruk dari kemasan makanan jenis kertas dan plastik tentu kita sebagai pembuat atau pengguna agar lebih bijak dalam menganggapi hal ini, mengapa? Karena demi menjaga kelestarian dan siklus alam yang sehat dan bersih.

Sekian artikel ini saya buat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, mudah-mudahan bermanfaat… sampai jumpa lagi

Advertisements