Tags

, , , , , , , , , ,

Foto-utk-slideshow.jpg-2

Kemasan berfungsi untuk menjaga kualitas produk selama proses penyimpanan dan proses distribusi serta sebagai sarana marketing agar konsumen tertarik pada produk yang dikemasannya. Oleh karena itu, kemasan harus mempunyai desain menarik sehingga konsumen akan langsung mengenali produk dari warna dan desain kemasannya.

Dan sudah banyak kemasan makanan yang memiliki warna dan desain yang menarik. Pada saat ini sudah banyak kemasan yang di desain dengan jumlah warna lebih dari 6, bahkan ada yang dicetak dengan 7-9 warna. Tujuan packaging makanan di desain dengan banyak warna adalah agar terlihat menarik. Selain itu, desain dus makanan dengan 7-9 warna sangat sulit untuk dipalsukan atau ditiru. Pemalsuan produk yang belakang ini marak terjadi, sangat merugikan produsen maupun konsumen. Untuk melindungi kepentingannya dan melindungi hak konsumen, produsen selalu berusaha membuat box makanan dengan desain dan warna unik agar tidak mudah dipalsukan atau ditiru.

Pada desain kemasan makanan wajib dicantumkan atribut tertentu untuk meningkatkan daya jual produk dan melindungi keamanan konsumen, seperti logo Halal dan kode MD untuk makanan produk local ataupun kode ML untuk produk makanan yang diimpor.

Melalui packaging makanan, produsen berusaha memberikan informasi selengkap mungkin mengenai kondisi atau cara pemesanan, media sosial yang dipunya dan hal lain-lain yang berkaitan dengan promosi dari pihak produsen. Dan upaya-upaya itu dilakukan agar produk sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik.

Advertisements