Tags

, , , , , , , , , ,

41-946x575

Bahan dalam membuat packaging makanan sangat lah banyak dan bervariasi. Ada dari bahan plastik, gelas, aluminium oil, kaleng, styrofoam, dan kertas. Dan untuk kemasan makanan biasanya terbuat dari bahan plastik, styrofoam dan kertas, kita akan membahas salah satunya yaitu yang berbahan kertas. Dus makanan yang berbahan kertas sudah memiliki banyak kualitas mutu terbaik untuk packagingnya. Contohnya packaging makanan dengan berbahan kertas bermutu food grade.

Dalam mencetak kemasan makanan dengan bahan kertas ada beberapa harus diperhatikan khususnya untuk kualitas kertasnya, yaitu :

  1. Gramatur, yaitu berat yang sama pada setiap lembar dan seluruh lembar. Dengan berat yang sama menggambarkan kondisi fisiknya sama sehingga akan memudahkan dan memperlancar jalannya kertas masuk ke mesin cetak

  2. Ketebalan, yaitu tebal lembar kertas yang harus sama, sehingga akan mempermudah jalannya kertas pada mesin sekaligus mempermudah dalam menentukan besarnya tekanan cetak. Tekanan cetak yang tepat dan sama beratnya akan mengahasilkan tebal laposan tinta yang sama juga, sehingga kualitasnya akan stabil dan konsisten.

  3. Opasitas, adalah tingkat kecerahan warna kertas, semakin cerah maka kertas akan semakin baik dan sempurna memantulkan warna dari lapisan tinta.

  4. Daya serap tinta, adalah kemampuan tinta untuk menyerap minyak yang terkandung didalam tinta. Kesempurnaan, kesamaan kertas dalam menyerap tinta, maka akan sama dan seimbang lapisan tinta yang tertinggal di permukaan kertas.

  5. Daya serap air, adalah kemampuan kertas untuk menyerap air. Penyerapan kertas terhadap air tidak dapat dihindarkan, karena serat selulosa yang terkanduing didalam kertas bersifat menarik uap air/kelembaban. Yang perlu dijaga adalah membatasi jumlah air yang terkandung dalam lembar kertas, karena kandungan air yang terlalu banyak akan menyebabkan kertas mengembang, pengeringan tinta terhambat dan terjadi ketidak-tepatan cetakan.

  6. Presisi ukuran, adalah kondisi yang dipersyaratkan pada setiap lembar kertas yang akan dicetak memiliki ukuran yang sama sehingga akan memperlancar proses produksi cetak.

Advertisements