Tags

, , , , , , , , , , ,

5.Serba-Raso-5C-2314-300x300

Packaging makanan terus mengalami perubahan dari masa ke masa seiring berjalannya waktu. Pemanfaatan bahan yang digunakan sebagai kemasan makanan yang umum digunakan dari masa ke masa antara lain keramik, kaca, plastik, aluminium foil, hingga yang berbahan dasar kertas.

Berbicara tentang kemasan makanan berbahan dasar kertas yang paling lazim digunakan di Indonesia, ternyata masih banyak yang belum layak untuk dijadikan sebagai packaging makanan primer. Contohnya masih banyak ditemukan penggunaan kertas koran, kertas bekas cetakan, atau kertas daur ulang sebagai kemasan nasi kotak, nasi bungkus, gorengan, dan kotak martabak.

Zat-zat kimia yang terdapat dalam kemasan makanan daur ulang tersebut berdampak negatif terhadap tubuh manusia dan dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker, kerusakan hati dan kelenjar getah bening, mengganggu sistem endokrin, gangguan reproduksi, meningkatkan risiko asma, dan mutasi gen.

Packaging makanan berbahan dasar kertas non daur ulang bisa menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan penggunaan kemasan daur ulang dan styrofoam. Kemasan kertas non daur ulang baik untuk konsumen, makanan dan lingkungan.

Sebagai alternatif lainnya, masyarakat dapat menggunakan kemasan makanan berkategori food grade yang seratus persen terbuat dari serat alami dengan ciri-ciri tampilan berwarna putih bersih, tidak berbintik-bintik, dan tidak tembus minyak. Di samping itu, karton food grade bersifat ramah lingkungan karena mudah terurai.

Salah satu perusahaan packaging makanan yang memproduksi kemasan makanan dengan mutu food grade adalah PT Surya Mas Grafika. Dengan memiliki sertifikat FDA (Food and Drug Administration) dari Amerika Serikat dan FSC (Forest Stewardship Council). PT Surya Mas Grafika memproduksi kemasan makanan murah, unik, ramah lingkungan, bermutu food grade, dan dapat terurai.

PT SURYA MAS GRAFIKA

Jl. Gunung Sahari I No. 44A, Senen – Jakarta Pusat (10210)

Tlp Kantor       : (021) 2147-7058 & (021) 2147-7068

Fax Kantor      : (021) 4258-288

Email            : marketing@greenpack.co.id

Website          : www.greenpack.co.id

Advertisements