Tags

, , , , , , , , , , ,

coffee-identity-branding-mockup-set-with-retro-filter-effect_1356-258

Pada saat ini banyak perusahaan bermunculan memproduksi produk ramah terhadap lingkungan, sangat beraneka ragam mulai dari perusahaan otomotif, tekstil, makanan, peralatan rumah tangga, kemasan makan dan masih banyak jenis industri yang memproduksi produk ramah lingkungan.

Untuk kali ini kita akan membahas produk kemasan makanan atau packaging makanan yang ramah lingkungan, kemasan makanan ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan kertas yang didesain dengan semenarik mungkin, mengapa harus di desain menarik? Tentu dengan tujuan agar semakin banyak yang menggunakan kemasan makanan yang terbuat dari kertas dari pada kemasan makananyang terbuat dari plastik dan alumunium. Perusahaan yang secara khusus memproduksi kemasan makanan yang siap pakai biasanya menggunakan jenis kertas sebagai berikut :

1. Kertas tahan minyak (Grease Prof)

  • Jenis kertas ini digunakan untuk makanan dengan kadar lemak tinggi, karna kertas jenis ini mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap minyak. Untuk jenis makanan yang mengandung minyak lemak cocok menggunakan jenis kertas Grease Prof.

2. Kertas Kraft,

  • Jenis kertas ini banyak digunakan untuk kemasan makananseperti keju atau makanan sejenisnya. Kertas Kraft dibuat dari bubur sulfat dan kayu kraft (yang berasal dari Swedia dan Jerman). Memiliki sifat yang lebih kuat dari kertas Glassine, sehingga bahan pangan yang dibungkus dengan kertas ini akan tetap kering lebih-lebih bila permukaannya dilem dengan resin.

3. Duplex (coated)

  • Bahan duplex ini gampang dibedakan dengan bahan lainnya, Jenis kertas Duplex ini memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu. Kertas Duplex umum dipakai sebagai alas buku jenis nota, dan khususnya untuk pembuatan box packaging karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Biasa dicetak hanya 1 sisi, di bagian sisi yang berwarna puth. Gramasi yang umum dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400g.

4. Kertas Ivory

  • Kertas Ivory adalah kertas yang aman untuk digunakan sebagai packaging makanan, Kertas Ivory ini memiliki 2 sisi berwarna putih dengan tekstur yang berbeda. satu sisi bertekstur halus dan sisi satunya lagi sedikit kesat seperti HVS.
    Biasanya Kertas Ivory digunakan untuk Box makananatau Packaging makanan karena cukup tebal dan kokoh. Dan yang menjadikan Kertas Ivory ini lebih banyak peminatnya adalah, kesan” Eksklusif” nya. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan Kertas Ivory sebagai bahan dasar Dus Makanan mereka, selain aman untuk makanan, kertas ini juga mempunyai kesain lebih eksklusif.

Gramasi yang umum digunakan adalah 210gr, 250gr,300gr,350gr. Penggunaan kertas ivory sekarang banyak diminati, apalagi dalam proses pembuatan Paper Bag atau Dus Makanan. Selain ketebalannya, kertas ini juga ternyata salah satu jenis kertas yang Food Grade (Tidak berbahaya bagi makanan yang dikonsumsi). Jadi kertas ini sangat sesuai dipakai untuk restaurant-restaurant yang ingin menjual makanan untuk dibawa pulang oleh konsumen.

Advertisements