Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pengusaha kuliner di Indonesia saat ini sangat berkembang. Bisa dilihat sangat banyaknya jenis kuliner baru yang beredar dipasaran. Dengan ini bisa kita katakan bahwa persaingan pun akan semakin ketat. Lalu bagaimana caranya meningkatkan daya jual? Bagaimana jika dengan menggunakan kemasan makanan unik dalam memacu daya jual makanan anda.

Martabak Manis

Kemasan makanan yang unik dapat menjadi salah satu yang memiliki peran dalam meningkatkan penjualan, karena salah satu fungsi kemasan makanan adalah sebagai sarana komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label design yang terdapat pada packaging makanan. Oleh karena dari itu box makanan yang dibuat dengan menarik akan memberikan pesan dan kesan yang berbeda kepada calon konsumen yang membuat calon konsumen tertarik dengan produk kita.

Tapi sayangnya, saat ini masih banyak pengusaha kuliner yang menutup mata dengan fungsi lain dari kemasan makanan. Karena akan banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan packaging makanan yang di desain semenarik mungkin. Pada saat ini hal yang paling pertama kali di perhatikan konsumen untuk adalah melihat dulu kemasan, kemudian rasa dari makanan tersebut dan bentuknya karena kemasan yang tampak secara nyata. Hal itu jelas harus menjadi perhatian khususnya bagi para pengusaha kemasan makanan untuk menampilkan desain-desain yang menarik dan menjual berbagai macam jenis kuliner saat ini.

Banyak kemasan makanan yang tidak standar, seperti tidak memenuhi aspek estetika atau keindahan, ergonomis atau mudah dipegang, dan faktor keamanan produk. Kemasan makanan masih banyak dibuat apa adanya, tidak ringkas, dan tidak sedikit yang menggunakan kemasan yang berbahaya atau tidak aman untuk mengemas makanan, ini semua dikarenakan kurangnya edukasi dan pengetahuan seputar kemasan makanan yang baik.

Kemasan Makanan 5 Sekat

Tidak sedikit pengusaha kuliner yang enggan untuk membenahi kemasan disebabkan masalah biaya dan mereka tidak tahu harus mencari ke mana untuk membuat kemasan makanan yang lebih bagus dan aman untuk mengemas makanan mereka. Greenpack adalah salah satu perusahaan kemasan makanan berbahan food grade paper yang mampu memberikan pelayanan seputar packaging makanan untuk pengusaha kuliner, kami juga akan membantu memberikan informasi tentang box makanan yang baik untuk mengemas makanan-makanan terbaik anda.

Starategi Pemasaran Melalui Kemasan

Kemasan makanan merupakan media pemasaran dalam menginformasikan produk. Pada kemasan terdapat beberapa informasi yang sangat mendukung bagi orang yang pertama kali melihatnya seperti rasa, berat, waktu kadaluarsa dan informasi lainnya.

Sebelum kita menggunakan kemasan sebagai media dan strategi pemasaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ciri-ciri desain kemasan produk yang bisa menjual yaitu :

 

Tidak perlu membuat desain kemasan makanan produk yang mahal, yang pasti kemasan anda dapat menimbulkan rangsangan bagi konsumen untuk membuat pertimbangan membeli produk anda.

  • Cepat dikenali oleh konsumen.

 

Artinya desain kemasan makanan yang dibuat harus langsung dapat ditangkap maksudnya oleh konsumen tanpa harus berpikir terlalu lama. Misalnya jika produk tersebut adalah martabak, maka martabak tersebut harus tampak menonjol pada desain kemasan makanan. Sehingga begitu konsumen lihat produk tersebut, mereka langsung mengenali bahwa produk tersebut adalah martabak, bukan donat.

Memang kemasan makanan kini disadari oleh pelaku usaha bukan lagi hanya memiliki fungsi melindungi dan membungkus produk. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan produsen untuk berfikir keras meningkatkan fungsi kemasan untuk dapat memberikan daya tarik kepada konsumen melalui aspek artistik, warna, grafis, bentuk maupun desainnya. Banyak konsumen yang membeli secara sadar akan suatu produk karena tertarik pada suatu produk karena alasan warna, bentuk dari kemasan. Belum lagi konsumen yang membeli karena impulse buying, gara-gara menariknya desain, atau bentuk kemasan suatu produk. Sehingga kemasan menjadi sangat efektif untuk mendorong konsumen membeli suatu produk. Melalui kemasan makanan tersebut kesan (image) produk juga dapat dibentuk misalnya image sebagai produk yang kokoh, awet, mewah atau tahan lama. Sehingga konsumen akan memilih produk tersebut karena sesuai dengan syarat yang akan dibeli misalnya produk yang tahan lama, tidak mudah rusak dan terjaga kualitasnya.

Greenpack Kemasan Makanan yang memiliki daya tahan hingga 7 susunan

Konsumen seringkali membeli suatu produk tidak untuk segera dikonsumsi tetapi untuk persediaan, sehingga ia membutuhkan produk yang terlindungi secara baik isinya, dari kerusakan, berkurangnya isi dan pengaruh cuaca. Dari sisi distribusi, kemasan makanan juga memegang peranan penting karena dengan kemasan makanan akan mudah disusun, dihitung, ditangani dan disalurkan secara lebih baik dan cepat. Kemudahan dalam distribusi menjadikan kemasan makanan didesain tertentu dan dengan ukuran yang mudah untuk dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

 

Advertisements